Friday, May 2, 2008

PENGAMEN CINTA

Pengamen Cinta
The Scream Band!!
Ini dia sebuah jawaban atas pertanyaan Roy selama ini. Salah satu ajang pencarian bakat yang lagi-lagi dikemas dalam sebuah program acara Reality Show di salah satu tv swasta. Bakat Roy dalam bermusik yang bisa memainkan banyak jenis alat musik dari gitar, keyboard, bass, drum, kecapi dan kendang jadi bekal buat Roy buat ikutan ajang unjuk gigi anak-anak band itu. Roy yang berjiwa musik banget so pasti enggak mau ketinggalan ikutan ajang ini. Ajang pencarian anak Band berbakat yang permainannya ngeri… banget (makanya dinamain ‘The Scream Band’).

Roy udah lebih dari setahun nganggur dan kesehariannya cuman ngelakuin kegiatan bermusik. Nonton acara musik di tv, denger program musik di radio atau ngulik musik (sambil ngilik kuping) dari kaset – kaset band yang dipunyainya. Roy enggak pernah dapet panggilan kerja karena… enggak pernah ngelamar!

“Lo mo gimana bisa kerja kalo enggak pernah ada panggilan. Dan gimana bisa ada panggilan kalo enggak pernah ngelamar!” Raka, sang kakak yang kerja sebagai penjaga warnet 24 jam nonstop coba menasehati Roy waktu adiknya itu pinjem uang buat beli majalah ‘Hey!’.

“Enggak ada kerjaan yang sesuai bakat Ka!”

“Bakat apaan? Main musik? Roy, nyari kerja sekarang susah, bahkan lebih susah dari nyari cewek!”

“Cewek enggak susah dicari Ka, cewek itu susah dipacari!!”

“Terserah, yang penting tuh Roy lo harus kerja! Kerja! Ayo kita kerja! Nyari duit buat makan. Mo buruh pabrik kek, mo karyawan, pramuniaga, pegawai serabutan, kepster, sales, penjahit, apa aja yang penting bukan penjahat. Yang penting halal. Jangan jadi bumerang bagi keluarga!”

“Ka, jangan ngomong gitu donk! Mentang-mentang gue suka dengerin lagu-lagu band Boomerang terus lo anggap gue bumerang gitu?” Roy rada-rada telmi dan ga ngerti maksud dari kata bumerang.

“Lo mo sampe kapan terus gitu Roy, minta duit ke ortu buat ngerental band lah, buat bikin rekaman lah, beli stik drum, beli senar gitar yang putus, beli tali kolor yang putus, ongkos pergi audisi lah, mana hasilnya…??”

“Yang penting kan gue udah berusaha dan nyoba Ka. Gue yakin kok gue bakalan jadi orang sukses dengan bakat bermusik gue. Gue bakal punya band terkenal, gue bakal jadi musisi legend! Gue kan udah sering ngirim demo band ke perusahaan – perusahaan rekaman dan ikutan audisi – audisi pencarian bakat!”

“Ya tapi enggak pernah lolos! Pernah kan lo baru daftar aja udah dieliminasi??”

“Ya… itu kan karena gue enggak memenuhi persyaratan administrasi terus salah ikutan audisi. Gue malah ikutan Audisi Vokal Indonesia, Penghuni Terlahir dan Indonesia Icon. Gue emang bisa nyanyi tapi karakter gue cuman cocok di band. Enggak cocok buat jadi penyanyi. Tapi sekarang udah ada ajang The Scream Band, gue bisa nunjukin kemampuan dan keahlian gue maen gitar, keyboard, Drum dan kendang!”
“Terus apa itu semua enggak butuh modal dan ongkos? Apa cuman karena sekadar bisa doang lo yakin bisa lolos audisi kali ini? Roy, kota kembang yang pernah jadi ‘Bandung Lautan Api’ juga ‘Bandung Lautan Sampah’ ini kan salah satu kota penghasil seniman dan musisi berbakat. Banyak orang yang lebih jago dari lo. Anak kursusan, punya skill, tehnik dan tampang!!”

“Lo kok enggak ngedukung ade sendiri sih malah bikin gue down aja!”

“Roy, gue cuman enggak mau lo jadi bagian dari ‘Lautan Sampah’ ini?”

“Maksud loh…?? Oh, jadi lo nganggap gue sampah?” Roy mulai emosi.

“Baunya sih sama karena lo jarang mandi!”

Roy mencium bau badannya. Dan betapa sedihnya Roy karena perkataan kakanya benar, Roy bau sampah!

“Gue kan baru dua minggu doang gak mandi!!”

“What?? Dua minggu?? Dua minggu aja udah kayak gitu baunya apalagi dua bulan!!”
*
Roy nyari majalah Hey! ke toko buku di sebuah Plaza. Dia mesti ikutan The Scream Band dan jadi salah satu kandidat yang mewakili daerahnya. Formulirnya cuman ada di majalah Hey! dan gak bisa didapetin di majalah manapun apalagi majalah ponsel atau majalah porno yang pernah rame kontroversial di Indonesia; Majalah ‘Play Man!’

Tapi betapa malangnya waktu udah beli majalah Hey! dan ngebayarnya di kasir, terus ngebuka plastiknya dan ngebacanya di luar plaza, Roy ternyata salah beli. Roy beli majalah edisi lama yang gak ada formulir The Scream Band-nya. Roy lantas balik lagi ke atas berharap majalah itu bisa ditukar.

“Wah maaf Mas, kalo udah transaksi di kasir, barang yang udah dibeli enggak bisa dikembaliin atau ditukar.”

“Kalo transaksinya di kasur?” Roy bertanya jail dalam hati.

“Apalagi kalo kemasan dan struknya udah gak ada, udah jatuh, kena aer terus lecek lagi…”

“Yaa…” Roy kecewa ke cewek kasir itu. “Dasar kasir enggak berprikepribadian baik.
Mending gak usah jadi kasir deh jadi kusir sana!” Roy berkata dengan suara pelan.

“Mas ngomong apa sih? Kok bisik-bisik gitu, enggak kedengeran.”

“Ah, mau tau aja!” Roy dengan cueknya ninggalin kasir yang bete dengan jawaban Roy.

Roy kecewa berat udah salah beli majalah. Majalahnya sih enggak salah, edisinya yang salah beli. Tapi edisinya juga enggak salah kok, pembelinya aja yang bego kenapa enggak teliti sebelum membeli. Tapi waktu Roy ngebaca-baca isi majalah Hey!, ternyata asik. Artikelnya menarik dan cowok banget! Apalagi artikel sex-nya biikin Roy ketagihan baca terus majalah Hey! (bukan promosi loh…).
Setelah membuka-buka lagi isi majalah itu, ada yang membuat Roy sangat tertarik. ‘Tips nyari kerja sesuai bakat!’
“Nah, ini nih…” Roy semangat ngebaca tulisan itu.
‘Lo udah lama nganggur sejak keluar SMA dan gak pernah ada panggilan kerja padahal enggak ngelamar kemana-mana? Baca nih tips-tips oke cara nyari kerja yang sesuai bakat!’
‘Pertama, lo harus tau dulu bakat lo tuh apa! Kalo lo bilang enggak punya bakat apapun mending ke laut aja deh sana. Apalagi kalo rumah lo deketan ama TPA, nyemplung aja deh sana ke lautan sampah! Gak mungkin manusia diciptakan tanpa kelebihan. Lo tuh cuman belum menggali lebih dalam potensi yang lo miliki. Coba tanya deh temen, sodara, keluarga, pacar (kalo punya), bakat apa yang lo miliki tapi lo sendiri engggak tau. Inget, manusia diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihannya.’
“Bener, bener tuh, gue udah tahu bakat gue cuman di musik!” Roy komen sendiri.
‘Kedua, lo harus punya kemauan yang kuat buat ngembangin bakat terpendam lo. jangan dipendem terus kalo lo udah tau bakat lo. Mungkin satu-satunya kekurangan lo yang paling parah adalah enggak pernah tau kelebihan-kelebihan yang lo punya. Jangan terlalu mendem bakat ntar jadi jerawat. Jangan karena saking terpendemnya bakat, jadi enggak ada yang nemuin kelebihan yang ada pada diri lo!’
“Bener, bener banget. Wah, tips ini gue banget gitu loh…” Roy semakin semangat ngebaca tips-tips itu. Roy memutuskan melanjutkan baca Hey! di rumah. Dan di antara tips-tips itu, ada satu tips yang bikin Roy terinspirasi dan agak tergerak buat ngelakuin sesuatu:
‘Jangan tengsinan atau jaiman; kalo lo emang punya bakat main gitar misalnya, kenapa lo enggak ngamen aja, jual suara. Enggak perlu malu. Ngamen jauh lebih baik daripada ngemis atau minta-minta dan ngegantungin hidup sama orang lain. Percaya deh, pengamen bener-bener seratus atau bahkan seribu kali lebih baik daripada penganggur! Bukannya mo nyuruh jadi pengamen seterusnya. Tapi sementara lo nyari kerjaan yang cocok atau sambil nunggu panggilan. Ngamen, why not?’
Roy merenung sebentar ngebaca tips itu. Roy mikir, selama ini Roy pengen banget punya penghasilan dan menghidupi diri dari musik. Main band dan manggung di kafe-kafe atau pensi-pensi sekolah. Istilah musiknya kan yang kayak gitu ngamen juga. Kenapa Roy enggak nyoba ngamen aja dulu di jalan? Banyak juga kok para musisi yang asalnya cuman pengamen jalanan. Sebut aja Iwan fals atau Doel Soembang.

Di saat lagi mikir gitu di kamar, Raka yang baru pulang kerja sore tiba-tiba nyerita tanpa diminta.

“Roy, tadi gue kan naik bis, terus ada tukang ngamen. Suaranya gila…. fals abis! Udah gitarnya sumbang ditambah suara si pengamen cempreng dan fals banget. Para penumpang terang aja langsung pada ngasih duit gede. Kebanyakan yang ngasih secengan bahkan ada juga yang ngasih goceng!”

“Lho? Kok? Nyanyinya fals malah dikasih duit gede?”

“Iya, semua penumpang pada ngasih duit gede dengan syarat si pengamen berhenti nyanyi!!”
*

Pagi-pagi banget, jam enaman, Roy udah start dari rumah dan siap pergi dengan sang kekasihnya; gitar! Yap, si gitar udah dianggap Roy kayak pacarnya sendiri, bahkan istri! Karena gitar itu selalu menemani Roy di kala suka dan duka. Kalo lagi sedih atau gembira atau bingung bahkan stress, larinya pasti ke gitar dan nyanyi-nyanyi. Kadang Roy juga curhat ke gitarnya kalo enggak ada Raka atau adiknya Ayi. Bukan itu aja, Roy sering menjadikan gitar berubah fungsi jadi guling. Makanya Roy sering tidur bareng tu gitar. Suka diciumin, disayang-sayang dan nggak jarang gara-gara tuh gitar Roy jadi sering mimpi basah!

Roy berangkat menuju stopan lampu lalu lintas di sebuah perempatan jalan. Gak disangka-sangka Roy ketemu sama temen SMPnya dulu; Anto.


“Hey, Onta, eh, Anto? Lo sering ngamen di sini?” tanya Roy sama Anto. Sepengetahuannya Anto yang masih sekampung tapi beda erte sama Roy itu udah kerja jadi karyawan pabrik garment.


“Iya Roy, gue tiap hari ngamen di sini.”


“Lo bukannya udah kerja di garment? Kok jadi ngamen?”


“Enggak, gue udah keluar Roy, abis kontrak! Gue diajakin temen-temen gue ngamen di sini. Ya… walaupun gue gak bisa main gitar tapi gue bisa nyanyi kok!”


“Ya udah kalo gitu lo ngamen sama gue aja. Nih gue bawa gitar!”


“Boleh…”

Dari semenjak itu Roy jadi sering ngamen bareng Anto. Bahkan Roy punya rencana kalo nanti memperpanjang KTP di kolom pekerjaan yang asalnya kosong diisi jadi: PENGAMEN! Karena ternyata ngamen itu asik juga. Roy baru ngerasain suka dukanya ngamen di jalan dari angkot ke angkot. Kebanyakan yang ngasih ibu-ibu sama cewek-cewek anak sekolah. Ada yang ngasih cepek, dua cepek, gopek, seceng bakan duit gocapan atau sen-an jaman breto, gak ketinggalan yang ngasih selembaran uang receh lecek juga ada. Yang paling banyak adalah yang enggak ngasih!

Berbekal gitar, suara dan gelas plastik bekas air mineral buat ngewadahin duit, Roy semangat banget dengan profesi barunya itu. Setengah hari aja minimal dapet dua puluh ribu. Kalo sampe malem kali bisa dapet lebih dari lima puluh rebu bahkan seratus rebu juga bukan gak mungkin.


“Wah, Nto menurut gue sih karyawan-karyawan pabrik sama pengamen penghasilannya masih gedean pengamen.”


“Ah, belum tentu juga Roy. Karyawan itu gajinya udah pasti segitu kalo kita yang nyari duit di jalan penghasilannya enggak tentu.”


“Ya sih… tapi selama beberapa hari ini gue ngamen, lo tau gak kita punya langganan yang suka ngasih seceng tiap kita ngamen? Cewek cakep, putih dan manis… banget.”


“Oh… yang suka pake baju hitam putih dan bawa tas kecil itu ya?”


“Iya yang itu…”


“Eh, lo berani gak nanya namanya kalo ketemu lagi sama tu cewek?” Anto menantang Roy.


“Maksud lo ngajak kenalan gitu?”


“Iya, bahkan kalo lo emang punya nyali gede lo tanya juga nomor HPnya!”


“Nomor HP? Gue sih berani aja, cuman gue gak punya HP.” Roy agak sedih. Hari gini gak punya handphone?


“Lo enggak punya, tapi gue…” Anto mengeluarkan sesuatu dari kantong celananya; sebuah ponsel yang lumayan jika ditaksir dari harganya. Roy melongo.


“Elo… pengamen punya HP?”


“Emang kenapa? Enggak ada Undang-undang yang ngelarang pengamen punya HP kok.”


“Jadi selama ini, lo ngamen…”


“Iya, nyari duit buat beli pulsa!” Anto ngejawab kalem. “Lo sendiri selain nyari buat makan dan jajan, ngamen buat apa?”


“Gue ngamen buat ngelatih vokal secara gue mo ikutan audisi vokalis band, nyari pengalaman, ngehibur orang dan buat beli majalah!”


“Apa? Pengamen baca majalah?” Anto bales ngeledek.


Lampu merah di traffic lamp menyala. Kendaraan dari mulai motor, bis, mobil pribadi sampe truk brenti. Tapi yang jadi inceran para pengamen di situ adalah angkot.


“Met siang mbak, maaf mengganggu…” Roy dan Anto menyapa dengan ramah. Mereka enggak putus asa meskipun di dalam angkot itu cuman ada seorang penumpang. Tapi Roy dan Anto langsung sumringah karena penumpang itu adalah cewek manis dan cantik langganan yang suka ngasih seceng ke mereka.


“Eh, si mbak langganan Roy…”


“Iya… eh, Nto buat si Mbak baik hati ini biar gue aja yang nyanyi sambil maen gitar. Mbak gak usah bayar deh kali ini, saya ikhlas nyanyi khusus buat mbak.” si cewek itu tersenyum ramah dan manis banget.

“You… could be my unintended
choice to live my life extended
you could be the one I always love…”

Si mbak termasuk Anto bengong ngedenger Roy nyanyiin lagu barat. Si cewek ngebiarain Roy nyanyi sampe selesei. Lagu yang Roy nyanyiin yang berjudul Unintended itu nyentuh banget dan enak dinyanyiin Roy dengan penuh penghayatan. Kesannya romantis banget. Si cewek manis yang make baju hitam putih itu cuma tersenyum dan terpana ngeliat dan ngedenger Roy nyanyi. Jarang-jarang ada pengamen nyanyi lagu barat.


“Itu lagunya siapa sih Mas kayak pernah denger deh?” si cantik nanya setelah Roy selesei nyanyi.


“Oh… itu lagunya Muse, band asal Inggris. Judulnya Unintended. Kali ini enggak usah ngasih juga gapapa kok mbak. Ikhlas. Tapi sebagai gantinya boleh tau namanya nggak?” Lampu lalu lintas berubah kuning, angkot siap melaju. Si cewek tersenyum dan ngambil sesuatu ke dalam tas kecilnya; kartu nama! Si sopir mulai ngejalanin angkotnya perlahan. Si cewek ngasih kartu nama itu lewat kaca jendela. Roy agak berlari-lari ngambil kartu nama itu dan berhasil! Bukan aja berhasil ngambil kartu namanya tapi Roy juga berhasil nyentuh tangan halus tu cewek


“Makasih ya, nyanyiannya enak didenger, aku juga pernah denger lagu itu. Sampe ketemu lagi… pengamen cinta….” Si cewek sempet ngomong gitu waktu Roy ngambil tu kartu nama. Lampu hijau menyala!


“Nto, gue dikasih kartu nama… itu berarti… gue dikasih lampu ijo!!” Roy dan Anto tertawa gembira dan ngelihat sebuah nama dan nomor telpon yang tertera di kartu nama itu; Euis Suhartini!!

*

Hari minggu sore Roy pergi lagi ke toko buku sebuah plaza. Duit yang udah dikumpulin dari hasil ngamen tampaknya cukup buat beli majalah lima edisi sekaligus. Untung uang recehan yang didapetnya dari hasil ngamen udah ditukerin ke warung dan ke si Ayi, adiknya yang masih SMA juga ke si Raka, kakanya yang udah kerja. Mereka kan kadang butuh receh buat ongkos.

Selain beli majalah Hey! Roy juga berniat membeli majalah ponsel. Siapa tau dari hasil ngamen beberapa minggu dia bisa beli ponsel. Cuman Roy bingung apa ada pramuniaga counter HP yang mau ngejual HP dengan menerima uang recehan ratusan ribu?

Sambil liat-liat majalah dan buku, Roy masih teringat dengan wajah manis Euis yang ngasih dia kartu nama. Kok dia disebut ‘Pengamen Cinta’ ya? Apa karena tiap ngamen Roy selalu bawain lagu-lagu cinta yang romantis?


Setelah membeli lima edisi majalah Hey! dan sebuah majalah ponsel, Roy hendak membawanya ke kasir. Tapi langkah Roy dihentikan oleh seorang pramuniaga cewek counter majalah itu.


“Maaf Mas… kalo majalah harus pake nota!!”


“Oh iya, maaf… lupa…” Tiba-tiba keduanya saling pandang dan terkejut. Mereka seperti saling mengenal.


“Kamu…” Roy menatap gadis itu, “Euis??”


“Kamu…” Euis balik menatap Roy, “Pengamen Cinta??”

1st Chapter by Ceko


No comments: