Friday, May 2, 2008

IV MASK

CHAPTER 1
Catatan tentang Alexis Dreigyner




Berdasarkan penelitiannya terhadap ke-26 pasien di rumah sakit jiwa Calibre Rose selama hampir setahun, Profesor Alexis Dreigyner (lulusan gelar Master dalam bidang Sastra Inggris Kuno dan Psikologi Terapan bidang Kriminologi) telah berhasil mengklasifikasikan abnormalitas kejiwaan yang biasa disebut dengan psikopatis menjadi empat bagian. Empat bagian ini diklasifikasikan menurut pengaruh dari masyarakat dan kejiwaan dari masing-masing pasien yang telah dianalisa menderita sindrom PACD (Psychopathic Altered Cataleptic Disorder), dimana penderita sindrom kejiwaan ini mengalami ketidaksadaran dalam hal membedakan antara kenyataan dan dunia mimpi (hampir serupa dengan schizophernia disorder atau paranoia disorder dalam kondisi kataleptik-delusional disorder). Dengan kata lain, ke empat bagian dari psikopatis yang telah diklasifikasikan oleh Dreigyner ini dapat diasumsikan juga sebagai klasifikasi dari sindrom PACD itu sendiri.


Studi kasus dari 26 pasien di rumah sakir jiwa Calibre Rose di salah satu pulau terpencil (yang demi kepentingan sejarah tidak diutarakan lokasinya dalam laporan manapun) telah membuka jalan bagi penelitian yang dilakukan Dreigyner dalam kurun waktu ia bekerja di sana sebagai spesialis kejiwaan psikopatologi. Perlu diingat bahwa definisi Dreigyner dengan istilah ’Psikopat’ berbeda dengan wacana umum. Dreigyner mengklasifikasikan ’Psikopat’ sebagai suatu penyakit kejiwaan yang diderita seseorang dikala mereka tidak dapat menyatu dengan realita hidup dan terpaku pada beberapa elemen yang menyebakan sang penderita dapat diklasifikasikan ke dalam empat bagian analisa sindrom PACD Dreigyner tersebut.


Elemen-elemen PACD (Psychotic Factors) tersebut antara lain; kelainan sex, haus kekuasaan, prilaku anarkis, imajinatif berlebih, phobia neraka, phobia kematian, haus kematian, tekanan masyarakat, asumsi terlupakan, asumsi korban, orientasi emosi, keinginan bunuh diri, dan sebagainya, yang nantinya akan dijelaskan secara detail di analisa Dreigyner berdasarkan dari ke 26 pasiennya tersebut.


Perlu dicatat bahwa, teori Alexis Dreigyener ini tidak termasuk dalam ICD ataupun DSM. Teori ini disangah dan terlupakan karena studi kasusnya hanya dianggap berupa 26 orang penderita abnormalitas kejiwaan dengan masalah delusi biasa dan dianggap omong kosong. Teori ini bahkan disanggah mentah-mentah dari beberapa ahli terkemuka karena ketidak-absahannya dalam ilmu psikologi terapan.


Namun di balik itu semua, teori PACD ini sebenarnya telah memukau beberapa ahli lainnya yang empatik dan penasaran dalam menelusuri kemungkinan dan menjelaskan beberapa anomali kejiwaan seseorang yang (mungkin) berhubungan dengan elemen-elemen psikopatik—yang secara tak langsung, dapat menjelaskan abnormalitas lain seperti analisa distoria realita dalam alam mimpi (surreal).


Buku ini didesign untuk menjelaskan teori dan analisa PACD beserta klasifikasinya dengan menunjukkan kasus-kasus dari ke 26 pasien dari rumah sakit jiwa Calibre Rose—yang telah dianalisa oleh Dreigyner sendiri.


Catatan studi dari kasus-kasus tersebut dibuat dalam monolog dari tiap-tiap pasien seakan-akan Dreigyner sendiri telah berhasil memasuki alam bawah sadar dari masing-masing pasien.
Alasan mengapa Dreigyner menggunakan sudut pandang monolog dalam menuliskan laporan-laporan kejiwaan dari tiap pasiennya adalah seperti yang ia utarakan sebagai berikut, ”PACD adalah sindrom yang tertutup bagi teori kejiwaan yang hanya sekedar menyelidiki studi kasus alam bawah sadar, lingkungan dan gelombang otak. Jika seseorang ingin mengerti tentang kegilaan, mereka haruslah menjadi gila pula. Dan dalam kasus PACD, para pasien mengidap kondisi kataleptik (tak sadar) yang dapat dikategorikan sebagai ’mati suri’. Oleh sebab itu saya mempelajari mereka dengan menggunakan sedikit tipuan otak, obat stimulan dan antipsikotik. Saya membuat mereka bicara dalam kematian semu mereka dan mendengarkan para mayat tersebut bertutur omong kosong yang mengerikan.”


Perlu diingat bahwa buku ini adalah satu-satunya buku (atau setidaknya yang pertama) yang akan menerangkan tentang teori PACD milik Alexis Dreigyner. Buku ini menggunakan catatan resmi dari sang profesor sendiri, berdasarkan laporan dari tiap pasien dan analisa Dreigyner sendiri.


Bab pertama akan menjelaskan tentang teori PACD secara singkat dan keempat klasifikasi dari PACD dan sedikit penjelasan tentang distorsi surreal berdasarkan catatan langsung dari Alexis Dreigyner. Lalu pada Bab Kedua, Dreigyner akan memukau kita dengan laporan-laporan tertulis dari status kejiwaan ke-26 pasien di rumah sakit jiwa Calibre Rose dengan sudut pandang orang pertama atau monolog. Di sini, Dreigyner ingin menyajikan ucapan para pasiennya secara seluruh dan terbuka. Dreigyner juga mengutarakan bahwa dalam bagian kedua ini, semua ucapan dalam monolog-monolog tersebut, adalah seperti benar adanya, tidak disensor atau digubah dalam kondisi apapun. Akhirnya, pada Bab Ketiga, bab terakhir, Dreigyner akan memberikan konklusi atas PACD dan pengklasifikasian sempurna dari seluruh elemen-elemen yang mempengaruhi abnormalitas kejiwaan seseoang sehingga dapat menderita PACD.


Sedikit tambahan, dalam Bab Kedua, Dreigyner sengaja menaruh analisa kecil-kecilan mengenai tiap-tiap kasus pasiennya dengan menjelaskan jenis dan faktor apa yang telah mempengaruhi abnormalitas kejiwaan mereka sehingga mereka mengidap PACD.
Di dalam buku ini juga terlampir appendix istilah-istilah yang dibuat oleh Profesor Alexis Dreigyner seiring dengan penelitiannya.







1st Chapter by: Alex Jhon

No comments: