Monday, April 20, 2009

Chubbyluocious

“eh, gajah bengkak lewat. Awas ati-ati ntar ketrabak loh.”

Aku masih cuek dan berjalan menuju bangkuku.

“eh, pegangan! Tiba-tiba ada gempa mendadak nie waktu Nicky lewat!”

Anak-anak sekelas tertawa semua. Aku mulai malu. Dera berjalan menuju bangkuku.

“kenapa, Nick? Nyata kan. Kalo badanmu itu segede gajah bengkak!”


“Nicky gajah bengkak... Nicky gajah bengkak... Nicky gajah bengkak...”

Aku semakin malu dan berlari keluar kelas. Aku menangis. Sedangkan Dera yang masih di dalam kelas terus-terusan tertawa. Sampai aku lulus SD pun julukan itu masih ada. Bahkan di umurku yang ke tujuh belas pun, julukan itu masih ada. Aku benci Dera, sampai kapanpun!

Hari minggu ini udaranya seger banget. Langit juga cerah. Pokoknya perfect day, lah. Apalagi nanti, aku bakal jalan sama Fritz, gebetanku. Bisa di bilang kalo aku mau ngedate sama Fritz kan??? Cihuyyy...

“Nick, nanti kamu jangan pergi kemana-mana yah.” Ujar mama sambil memasak.

“kenapa, ma? Aku kan mau pergi sama Fritz!” Ujar ku protes. Sungguh! Aku ngga rela kalo hari ini aku ngga jadi jalan sama Fritz. Aku bakal ngambek sama mama, kalo aku tetep ngga di bolehin pergi sama Fritz!

“Dera hari ini mau datang ke rumah, jadi...”

“apa ma! Dera mau dateng. Duh, ma...kenapa ngga dilarang aja sie???” potongku.

“kok dilarang sie, Nick. Dulu kamu kan pernah dekat sama Dera masa kamu ngga kangen sama dia?”

“kangen? Aku kangen sama Dera? Ngga mungkin! Pokoknya aku tetep mau pergi sama Fritz!”

“ngga bisa. Kita sebagai tuan rumah harus menyambut tamu, Nick. Apa kata Dera kalo dia dateng tapi kamu ngga ada?”

“ya ngga tau! Mama tanya aja sama Dera. Dia mau ngatain aku apa?” Ujarku ketus. Ngapain coba Dera harus di sambut? Kayak tamu kehormatan aja. Yang ada juga tamu yang ngga diharapkan!

“Nicky...pokoknya mama mau kamu jangan pergi kemana-mana. Mama pengen kamu dirumah aja bantuin mama masak.”

Aku melihat ke dapur. Mama masak banyak banget! Kayak ada acara aja. “mau ada arisan ma?”
“ngga.”

“kok masak banyak banget?”

“kan Dera mau kesini.”

Ya ampun mama.... “ya udah masak aja yang banyak, ntar biar Dera yang habisin semua!” Ujarku ketus. Mama hiperbola banget sie. Cuma Dera yang dateng. Dera, saudara-saudara! Bukan presiden yang dateng, mama masak banyak banget. Enak-enak lagi!

Mama tersenyum. “jangan ketus gitu dong, Nick.”

“lagian ngapain sie ma, dia dateng ke Purwokerto.”

“Dera mau sekolah disini lagi pula...”

“hah! Dera mau sekolah disini!”Potongku. Aku kira omongan mama waktu itu cuma bercanda, ternyata beneran. Padahal aku berharap banget dia ngga pernah balik lagi kedalam kehidupanku.

“Nicky! Udah dua kali ya mama bicara dipotong sama kamu. Ngga sopan!”

“iya..iya... Nicky kan cuma kaget aja. Emang masih ada lanjutannya?”

“masih. Dera juga mau tinggal disini.”

“apa! Aduh mama.... Mama kenapa ngga bilang sama Nicky? Ngga diskusi sama Nicky? Ngga tanya sama Nicky dulu, Nicky setuju atau ngga Dera mau tinggal disini. Lagian mama tau dari mana Dera udah mau tinggal disini?”

“kan kemarin, Tante Lusi telepon buat bicarain hal ini.”

“trus kenapa kemaren mama ngga bilang sama Nicky tentang hal ini?” Sumpah! Aku udah mulai marah sama mama. Kenapa hal ‘sepenting’ ini ngga bilang dulu sama aku!

“yah, mama tau, kamu pasti ngga bakal setuju.”

“mama udah tau Nicky ngga setuju! Kenapa masih di terusin juga!!” Aku mulai teriak-teriak. Air mata udah mulai menggenang. Pasti bentar lagi nangis deh!

“mama kan ngga enak sama Tante Lusi, Nick.” Ujar mama halus.

“tapi mama ngga peduli sama perasaan Nicky kan? Nicky marah sama mama!” Aku berlari-lari menuju kamar. Bodo deh sama bunyi gedebukan yang aku hasilkan dari kakiku yang segede kaki gajah.

Di pinggir tempat duduk, aku mulai menangis. Ini juga yang aku sebel dari diriku. Terlalu emosional. Bentar nangis, bentar ketawa. Bentar marah, bentar diem.

Tok..tok..

“Nick, mama boleh masuk?”

Belum aku jawab, pintu kamarku sudah dibuka sama mama.

“mama mau bicara sama kamu.” Mama memeluk bahuku. “mama tau mama salah, ngga bilang dulu sama kamu. Seandainya kamu kayak Dera, yang dia kenal di Purwokerto kan cuma kita, Nick. Kasian Dera kalo tinggal sendirian.”

“kan dia bisa ngekos. Lagi pula katanya dia kenal sama daerah di Purwokerto.” Ujarku disela-sela isak tangisku.

“keadaan Purwokerto kan udah berubah. Purwokerto udah beda dengan Purwokerto sepuluh tahun yang lalu. Mama takut nanti dia kesasar. Lagipula kalo kita ke Singapura, giliran Dera yang jadi guide buat kamu dan mama.”

Kalo mama udah ngomong lembut kayak gini, aku jadi ngga tega deh. Yah, mau gimana lagi. Yang bisa aku lakuin cuma setuju sama usul mama. “yah, Nicky bisa apa? Nicky cuma bisa nurutin mama aja.” Kataku akhirnya.

Mama tersenyum. “gitu dong. Nicky emang anak mama yang paling bisa ngertiin mama.” Mama memeluk dan mencium keningku.

“sekarang mama minta tolong kamu nunggu di ruang tamu yah. Siapa tahu nanti Dera datang.”
Dengan berat hati aku mengangguk.

To : Fritz
Sr, aq gk bs nemenin u.sx lg mupz...

Yah,batal kencan sama Fritz deh. Sebel! Awas yah kalo Dera dateng, dia kudu tangung jawab atas batalnya acara kencanku dengan Fritz!
,,,

Sekarang aku lagi ngejogrok di ruang tamu menunggu ‘tamu Agung’-nya mama. Nyebelin banget! Ngapain coba, Dera balik kesini? Ngga inget dia udah pernah nyakitin atinya aku, ngga minta maaf lagi!

Tok..tok..

Aku berjalan menuju pintu dengan malas-malasan.

Kriet..

Aku mendongak melihat kira-kira siapa yang datang.

Ha! Siapa nie...Cakep banget!

Ngga mungkin nyari aku kan????

Tapi lebih ngga mungkin lagi, kalo cowok ini cari mama. Emangnya mama Tante girang yang suka sama brondong!

Dan dengan begonya aku masih berdiri bengong menatap cowok cakep yang masih berdiri di depanku. Tiba-tiba cowok itu tersenyum. Dia senyum sama siapa? Masa sama aku?

Ngga mungkin!

Tapi kan ngga ada orang lain lagi di depan dia kecuali aku!

“hay, Nick.”

He...? Cowok itu tau namaku?

“Dera! Kamu sudah datang? Kesasar ngga?” Ujar mama sambil melongok di balik bahuku.

Tadi mama bilang siapa?

“Dera?” Ujarku ngga percaya. Ngga mungkin banget kan cowok cakep yang mukanya mirip Lee Dong Wook ini Dera. Apalagi Dera yang itu!

Aku masih inget banget muka Dera waktu jaman esde. Emang dia kurus. Tapi kurus kering! Pipinya aja ampe kempot! Pokoknya bisa digambarkan dengan satu kata. Menyedihkan!

Dan cowok yang sekarang berdiri di depanku ngga meninggalkan jejak sedikitpun tentang Dera kecil!

Kulitnya putih, badannya yang kurus ngga-gendut ngga, cara pakaiannya yang modis. Pokoknya cakeeeeeeeeepppppppppp buanget!

“iya, ini aku. Dera. Kalo kamu lupa, nama panjangku Gwinov Derandino.” Ujar Dera sambil memamerkan gigi putihnya.

Bener! Ini Dera yang itu. Dan dengan gobloknya aku malah terkagum-kagum sama dia! Seseorang yang aku benci selama sepuluh tahun!

Aku berbalik. Ngapain juga aku berdiri kelamaan di sini. Ngga ada manfaatnya!

“kamu mau kemana, Nick?” Tangan Dera menahan tanganku.

“mau masuk!”

“lho, kok masuk Nick. Bantuin Dera dulu dong, Nick.” Ujar mama.

Duh! Ngapain juga mama ngomong kayak gitu. Tambah gede aja kepala tu anak!

“bantuin apa?” Tanyaku malas-malasan.

“bantu Dera bawa barang-barangnya ke kamar.”

“Dera bisa sendiri, ma. Buktinya, dia kesini bawa tas-tasnya sendiri kan? Jadi dia ngga butuh bantuan Nicky.”

“Dera kan capek Nick.”

“kalo capek ya duduk dulu. Baru angkat tas-tasnya dia di bawa ke kamarnya.” Ujarku ngeyel.

“Nicky! Mama yang minta tolong ke kamu. Bukan Dera!” Ujar mama agak keras.

Ih, mama lebay. Gitu aja ngambek.

“sini tasmu!” Ujarku.

“ngga usah, aku bisa sendiri.”

“udah, Der. Biar Nicky bantu kamu. Kamu pasti capek.” Ujar mama.

“udah! Ngga usah jual mahal. Siniin tasmu. Jangan buat aku dalam masalah deh.” Ujarku ketus.

Dera menyerahkan tasnya yang paling besar. Buset! Berat banget! Dera pasti mau ngerjain aku.

“kamarnya Dera di lantai atas, Nick.”

Dilantai atas? Ok! Berarti kalo aku nonton tv dilantai bawah, berarti jauh dari gangguan...

Apa?!

Lantai atas!

Kamarku kan dilantai atas! Dan kamar di lantai atas cuma ada dua. Dan kamar itu bersebelahan sama kamarku! Jadi, Kamar Dera dan aku bersebelahan?!

Aku menoleh ke mama. Mama menatapku dan tersenyum seolah meminta maaf.

Nyebelin! Bukannya di jauhin, tapi sama mama malah di deketin!

Aku membuka pintu kamar Dera.

“ini kamarmu.” Aku meletakkan tas dilantai. Sungguh! Aku kepengen mendengar penjelasan mama, ngapain Dera ‘ditaruh’ deket-deket sama aku!

“kamar mu dimana, Nick?” Tanya Dera.

“disebelah kamarmu.” Ujarku tanpa menatap Dera.

“ooo...”

“jangan pernah ganggu aku selama kamu disini. Anggap aja aku orang lain. Jadi antara aku dan kamu ngga ada urusan sama sekali.” Ujarku sebelum meninggalkan Dera.

Mama! Duh, mama mana sie. Aku kudu minta penjelasan sama mama.

“mama!”

Hening. Ngga ada jawaban.

“mama! Nicky ngambek nie kalo mama jawab juga.”

“mama lagi di belakang!”

Aku berjalan menuju kebun belakang.

“mama. Ngapain sie, Dera ‘ditaruh’ disebelah kamarku? Kenapa ngga di kamar tamu yang ada di lantai bawah?” Ujarku protes.

“kamar bawah belum dibersihkan, Nick.”

“mama sengaja kan? Kalo Dera emang mau ‘ditaruh’ dikamar bawah, pasti kamar itu udah dibersihkan jauh-jauh hari.”

Mama nyengir. Jangan heran! Mamaku itu walaupun umur udah kepala tiga tapi jiwa masih muda. Jadi masih suka cengar-cengir juga. “ kok ‘ditaruh’ Nick. Di tempatkan. Jadi lebih manusiawi.”

“bodo! Iya kan ma?”

“apanya?”

“aduh... Mama! Nicky males ngulang pertanyaan!”

Mama terkekeh.“yah, kan kalian bisa belajar bersama. Lagipula nanti kalian satu sekolahan.”
“apa ma! Satu sekolah?”

Mama mengangguk.

“mama kenapa ngga diskusi sama Nicky dulu sie?” Aku udah bener-bener marah sama mama. Mungkin kalo masalah Dera yang tinggal dirumah dan kamar Dera yang bersebelehan sama aku, aku masih bisa tolerir. Tapi kalo masalah sekolah, emang ngga ada sekolah yang lain kecuali sekolahku! Purwokerto memang kota kecil, tapi SMA kan ngga cuma satu! Ada puluhan bahkan ratusan. Ngga tau tepatnya berapa. Aku ngga pernah ngitung!

“yah, pertimbangan mama kan kalian bisa bareng-bareng terus. Berangkat bareng, belajar bareng...”

“bertengkar bareng, berkelahi bareng. Gitu mau mama?” Sambungku.

“ya ngga dong Nick.”

“Nicky kan udah bilang sama mama kalo Nicky ngga mau dekat-dekat sama Dera!”

“ya, mama minta maaf. Jangan ngambek dong Nick.”

“Nicky ngga ngambek! Nicky marah!” Aku berjalan menuju kamarku. Kepengen mengurung diri! Ini semua gara-gara Dera.

Aku menapaki tangga.

Pintu kamarku terbuka!

Dan… Oh, ngga!

Berantakan!

Aku segera berjalan menuju kamar sebelah.

“Der! Kamu apakan kamarku?!”

“tadi aku cuma pinjem isolasi sama gunting.” Dera mengacungkan kedua barang itu tanpa ekspresi bersalah sedikitpun.

“tapi kenapa kamu berantakin kamarku?!”

“yah, gara-gara nyari kedua barang ini jadi ngga sengaja aku berantakin deh. Sory yah. Lagipula, kamu kan bisa merapikannya lagi.”

Sudah cukup! Baru sehari Dera dirumahku udah menimbulkan efek yang cukup hebat buatku.

Cepet kesel!

,,,,

1st Chapter oleh Feryani Aldyningtyas

No comments: