Tuesday, May 26, 2009

Daily Love: Hari Menjelang Sore

Hari menjelang sore, koridor SMU Ninos Surbakti masih sepi tak ada satu pun murid yang berkeliaran. Yang terlihat adalah seorang penjaga sekolah yang sedang menyapu lapangan yang penuh dengan daun-daun kering yang berjatuhan.

“Teeeeett…..!!”.
Bel usai sekolah berbunyi, setiap sudut sekolah mulai hidup kembali tak terkecuali kelas 3 IPA 1.

“Yak, anak-anak terima kasih atas peratiannya”. Akhir kata dari Bu Ratri.

Jam pulang sekolah bikin Dava bingung. Entah kenapa, ia selalu merasa bingung saat pulang sekolah, ia memikirkan apa yang harus ia lakukan habis ini..? karena kalau dia pulang kerumah, pasti dia merasa kesepian, maklum dia anak satu-satunya.


“Eh, Dav Lo kenapa sih? Bengong aja! Ntar ksambet loh.. hihi..”. Sapa Melia.

“Ah apaan sih mel, gue lagi bingung aja kok..”. Jawab Dava.

“Bingung kenapa lo?”. Tanya Melia

“Gue lagi males dirumah.. tapi gue gak tau mau kemana?”. Jawab Dava.

“Ya ampun Dav, main aja kerumah gue! Emm.. atau gak kita ke Bakso si kumis dulu yuk..! kita makan, sambil cerita-cerita. abis itu, kita kerumah gue deh, gimana ?”. Tanya Melia.

“ Boleh, daripada gue bengong dirumah, mending gue ngikut lo! Yuk, cepet gue dah lapeeerrrr…!!”. Jawab Dava.

Melia adalah sahabat terdekat Dava, setelah Fajar, Riva, dan Adri. Dava, Melia, dan Riva sudah berteman dari Sekolah Dasar. Sedangkan Fajar, dan Adri berteman sejak masuk SMA. kadang teman-teman yang lain sering mengira Dava dan Melia pacaran. Tapi mereka cuek aja tuh, Melia adalah cewek yang periang, baik, setia kawan, tapi terkadang super nyebelin juga sih..!

“Bang, baksonya dua yah! Gak pake bihun ma cabe!, minumnya es jeruk satu, sama teh manis”. Pinta Melia sembari duduk dengan Dava.

“Dav, gimana ma Sheila? Ada kemajuan?”. Tanya Melia.

“Ya.. gitu-gitu aja Mel, kayaknya dia gak ada perasaan deh ke gue..”. Jawab Dava.

“Duh Dav, lo gak boleh gitu dong, cinta itu ada kalo lo mau usaha! Inget dong kata, Love will find you if you try! Gue bakal Bantu semampu gue kok untuk Bantu lo..”. Kata Melia.

“Yeah.. dasar kebanyakan nonton Reality Show lo..! makasih Mel, tapi, gue gak mau kisah cinta gue keulang lagi, sakit tau mel..”. Jawab Dava.

“Tapi gak bakalkan nasib semua cinta lo bakal sama? Semangat dong..! lo cowokkan?! Harusnya lo itu bisa naklukin semua cewek, lo punya tampang gak jelek-jelek amat kok, ya.. diatas pas-pasanlah..!”.

“Heh..! rese lo..! iya juga sih.. tapi tetep aja susah…”.

“Capek deee..”.

Dava emang punya tampang yang lumayan, tapi urusan cinta, sorry.. dia bukan ahlinya, dia udah untuk ke-8 kalinya patah hati, makanya dia nyebut dirinya ‘THE HEARTBREAKER’.


“Kreeekk…”.

“waaa.. kenyang banget.. emang tuh si kumis gak da matinye..!”. Kata Melia sembari selonjoran di sofa rumahnya.

“Kenyang sih kenyang Mel, minum buat gue mana? Gue haus lagi nih! Lo kira di luar gak panas apa?!”. Kata Dava.

“Oh iya, lupa.. hehehe. Mau minum apa lo? Cola, sirup, atau air oralit??”.

“Air ledeng aja Mel..! enakmu..!! Orange Juice aja deh..!”.

“Ye.. orang gak ada pilihan Orange juice juga! Bentar ye..”.

“Nih..”.

“Makasih ya mbak..”.

“Trembelane..! enak aja lo..! pembantu gue lagi pulang kampung nih, jadi tiap sore gue deh yang ngepel!”.

“Santai.. kan ada gue, gue bantuin deh..”.

“Ooh, my darling baik banget sih kamyu..”.

“Iih, sumpah! Jijik banget sih kata-kata lo! Mau muntah gue”.

“Hahahahaaa…”. Mereka tertawa bersama.

Ya begitulah mereka setiap hari, sering bercanda, curhat-curhatan, pokoknya kayak kakak-adik aja deh, dan Dava bisa melupakan kesendiriannya..

“Halo jar, besok gue liat PR kimia yah.. plisss… gue gak ngerti nih..”. Pinta Dava.

“Duh, dav.. emang dasar lo ye, gue juga gak ngerti! Lo udah nanya ke Riva, atau Adri blom?”. Kata Fajar diseberang sana.

“Ya ampun.. lo salah nyuruh gue nanya ke mereka, mereka kan sama aja kaya gue! Heheh”.

“Udahlah, besok aja dikerjainnya, gue juga gak bisa konsen nih, lagi mikirin gebetan gue, si Farah..”.

“Ye.. Jar, kalo suka bilang dong.. jangan diem aja, gimana sih lo?”.

“Gini-gini gue lagi PDKT nih ma dia, barusan tadi gue traktir dia di Pizza Hut”.

“Eh Btw, tiga hari lagi Adri ultah nih, kita kerjain yuk..! hihi..”.

“Eh iya, enaknya kita apain tuh anak? Ceplokin aja?”.

“Ah, basi lo.. kita ceburin di selokan depan sekolah..! haa.. pasti seru..!”.

“Gokil lo, jangan! Mending kita cemplungin aja di kali deket sekolah! hahaha.”.

“Waduh? Dasar emang gokil lo ye! Hahaha gila gila gila. Oh iya, kemarin kayaknya mau ngenalin seseorang gitu, siapa sih??”.

“Elo sih pulang langsung kabur sama Melia.. dia mau ngenalin cewek barunya..”.

“Hah? Cewek baru lagi? dasar tuh Riva, diakan baru putus sama Ajeng, besoknya langsung dapet pacar lagi?”.


Pertemanan Dava, Fajar, Riva, dan Adri cukup dekat, tapi gak sedekat sama Melia. Fajar anak yang pintar, punya badan yang bongsor, dan suka makan. Riva, dia itu orang kaya dan Playboy abis..! ganti cewek udah kayak ganti kaos kaki aja, Dava seringkali iri sama Riva, karna dia mudah sekali untuk mendapat pacar. Lalu, adri adalah anak Betawi dan penyuka olahraga futsal. Dia lebih baik gak jajan, demi untuk beli sepatu futsal yang terbagus ditoko sepatu!.


“Ya udah deh Jar, thanks ya.. gue dah ngantuk nih, gue harus istirahat yang cukup, buat besok berdiri di depan gara-gara gak ngerjain PR Kimia! Heheh..”.

“Yaudah deh, bye…”.
***


“Anak-anak, tolong keluarkan PR Kimia kalian..! yang tidak membuat atau tak membawanya, seperti biasa MAJU KE DEPAN!”. Kata Bu Ratri.

Duh, mampus gue! Bisa kena maki nih.. tapi untung gak sendiri, ada Fajar, Riva, sama Adri nih!. Bisiknya pada dirinya sendiri.

“Siapa bilang? Kita udah ngerjain tauk! Kemarin malem Fajar nelpon gue habis di telponan sama lo, dia minta dianterin ke rumah omnya yang guru Kimia juga! Gue ajak aja si Riva.”. Celetuk si Adri.

“HAH..?!!! anjrit, lo kenapa gak nelpon gue juga?? Gak konsisten banget sih!”. Kaget Dava.

“Heh, si Riva tuh dah nelpon lo berkali-kali, tapi HP lo gak diangkat-angkat! Kata Fajar lo udah Tidur, jadi gak gue telpon lagi deh..”. Kata Adri.

“Lagian lo sih, tidur kaya kebo..! gw misscall-misscall gak nyaut-nyaut!”. Samber Riva.

Duh.. mampus gw!

“Heh! Kalian kok malah ribut sendiri sih! Mana PR kalian?”. Tanya Bu Ratri.

“Ini bu..!”. Kata Adri dan Riva sembari menyerahkan buku mereka.

“Dava?”. Tanya Bu Ratri.

“E..e….gini bu….e….ee….”. Kikuk Dava.

“Gini apa? Kamu gak buat ya?!”. Tanya Bu Ratri.

“Bukan bu.. tapi.. e…e….”. Sebelum Dava selesai ngomong ada yang nyeletuk.

“Ini Bu, PR Dava..!”. Celetuk Melia.

“Loh Melia, kok PR Dava bisa ada di kamu?”. Tanya Bu Ratri.

“Gini loh bu.. tadi malam, saya dan Dava ngerjainnya bareng bu dirumah saya, terus bukunya Dava ketinggalan dirumah saya Bu, makanya saya bawa sekarang..! gitu Bu..”. Jelas Melia.

“Ooh begitu, yasudah, sini bukunya.”. Kata Bu Ratri.

Dava hanya bisa terbengong melihat Melia tersenyum padanya.

“Mel..! kapan gue ngerjainnya..??? prasaan kemaren dirumah lo gue cuman ngabisin persediaan makanan lo deh, dah gitu kan sore, bukan malem..!”. Kata Dava.

“Emang kemaren kita gak ngerjain PR bareng! Gue tadi malem ngerjainnya, gue inget lo kan paling gak bisa sama Kimia, jadi ya.. sekalian gue bikinin deh..! makasih lo ma gue..! heheh.”. Jelas Melia.

“Ya ampun Mel, Thanks beraaattt yah..!! kalo gak ada lo, wuuuiiihhh,, bisa-bisa gue pingsan didepan kelas, berdiri mulu!”. Jawab Dava.

“Iya..iya.. iih, hiperbol banget sih lo..! hehe.”.

Begini nih, gunanya seorang sahabat, dia kesusahan dibantu, dia sedih dihibur.. jadi iri.
***


“Sob, gue dah maafin lo nih, gara-gara gak ngebangunin gue! Btw, mana cewek baru lo itu? Kemaren gue gak sempet liat, soalnya Melia buru-buru ngajak gue ke toko buku.”. Kata Dava.

“Ye.. itu mah salah lo sendiri.. untung si Melia baik, dia kerjain deh buat lo! Sabar Dav.. bentar lagi dia juga kesini, oh iya, lo mau gue traktir gak? PJ.. pajak jadian..hehe, lo mesen apa aja gue yang bayar!”. Kata Riva.

“Wuuuihh.. Enak juga ya kalo lo setiap jadian nraktir mulu..! asikk.. gue mau soto betawi ya! Dua porsi oke??”. Cerocos si Fajar.

“Ambil.. pokoknya nyantai aja ma gue..”. Kata Riva

Kebiasaan Riva, Setiap jadian selalu mentraktir teman-temannya. Padahal, dia kan udah bolak-balik jadian, makin buncit aja tuh, perut si Fajar.. hihi..

“Hai, say..”. Kata seorang cewek.

“Halo, say… Dav, kenalin nih cewek gue..”. Kata Riva.

Dava sedang mengunyah dan tiba-tiba tersedak.

“Uhuk..!! SHEILA!!”. Kaget Dava.

“Iya, Sheila cewek gue, jangan kaget gitu dong.. lo udah kenal kan?”. Tanya Riva.

Gak disangka, ternyata Dava dan Riva menyukai cewek yang sama. Dan Rivalah yang mendapatkan Sheila. Dava mulai terlihat lemas dan perasaan yang gak percaya.

“Eh..i..iya.. gue dah tau kok, eh gue ke kelas dulu ya, mau ngerjain tugas Bahasa”. Kata Dava langsung meninggalkan kantin.

“Eh Dav, tunggu..! ye.. makanannya belum abis tuh, buat gue aja deh..!”. Kata Fajar.

“Dasar lo gendut..!”. Samber Adri.

Dava berjalan cepat sambil menunduk, menggenggam tangannya keras sekali.

“Brukk..!”.

“Aduh..! ati-ati dong kalo… eh, Dava?? Kenapa lo?”. Tanya Melia.

Dari situ air mata Dava mulai turun, Dava memang kuat dalam hukuman, tapi dia lemah dalam urusan hati. Gak selamanya cowok gak boleh nangis, begitu pun Dava, dia juga punya perasaan.

“Dav..! lo kenapa?? Kok lo nangis??”. Tanya Melia sambil menarik Dava ke kelas kosong.

“Mel, lo tau..? Gue udah gak ada harapan lagi!”.

“Harapan apaan sih?? Ngomong yang jelas dong”.

“Sheila.. dia dah jadian, dan yang lebih sakit lagi dia jadian sama sahabat gue sendiri, Riva..!”. Kata Dava sambil terisak-isak.

“Riva?? Sial tuh anak, sini biar gue samperin..!”.

“Mel..Mel.. jangan Mel, biarin aja, semua salah gue, gue emang belum pernah bilang ke Riva, Adri ma Fajar tentang perasaan gue ke Sheila, yang tau cuman lo Mel..”. Kata Dava.

“Ya ampun Dava.. kenapa lo gak jujur aja sih sama mereka..?? kan gak gini kejadiannya.. sabar yah..”. Kata Melia sambil memeluk Dava.

Dava sudah menyukai Sheila sejak awal masuk sekolah, sejak Sheila menjadi anak baru di awal semester kelas 3. Di mata Dava, Sheila adalah cewek yang ia idam-idamkan. Cantik, manis, ramah, dan tentunya mempunyai rambut panjang sebahu yang menjadi syarat utama tipenya Dava. Setelah ia tau Sheila sudah dimiliki Riva, tentunya Dava menjadi hopless kembali, dan gak ada semangat lagi. Walaupun gak rela, tapi Dava masih mementingkan persahabatanya antara ia dan Riva.
****


Satriyo Pamungkas

No comments: