Tuesday, May 26, 2009

Kalo Suka Bilang, Dong!

Aku berjalan menyusuri lorong ini. Aku ngga ngerti aku ada dimana sekarang. Yang aku tau hanya, aku kebingungan mencari jalan keluar. Ngga ada satu pintu pun di lorong ini. Lorong yang lurus ngga ada kelokannya sama sekali. Aku terus berjalan dalam ketakutanku sendiri. Jangan-jangan…. Whoaaaa…ngga usah mikir macem-macem! Aku memutuskan untuk mempercepat jalanku, tiba-tiba ada tangan yang menepuk bahuku. Spontan, aku langsung teriak dan berlari. Tapi sepertinya langkah itu mengikutiku, terdengar dari derap langkahnya. Aku berlari walaupun aku mulai merasa lelah dan kepayahan. Aku ngga mau tertangkap olehnya. Aku terus berlari sampai tangan itu menggapai tanganku, menarikku dalam pelukannya.

“jangan pernah lari dariku. Aku cuma ingin melindungimu. Karena kamu diciptakan untukku.”
,,,,


Kriiiinggggg…..

Aku merenggangkan tubuhku dan melihat jam weker. Jam enam pagi. Tidur lima menit lagi ah…. Aku menaikkan kembali selimutku dan bersiap untuk tidur lagi. Toh perjalanan dari rumah ke sekolah ngga begitu jauh. Sepuluh menit juga nyampe.

“Naomi! Banguuunnn…. Udah jam enam!” mama menggedor-gedor .

“hemmmm….”

“Naomi! Perlu mama dobrak pintunya????!!!”

“ngga usah. Udah bangun kok!” aku duduk dipinggir tempat tidurku. Dan tidur lagi! Hehe…

“Naomi!!!!”

“iya, ma!”

Huh! Selalu begini kalo pagi-pagi. Ribut sama teriakan mama yang ngebangunin aku sama mas Randy. Hehe, emang aku akui kok aku sama mas Randy itu keterlaluan mbelernya. Punya anak dua, kok ya dua-duanya susah kalo disuruh bangun pagi. Mama harus teriak-teriak dulu buat bangunin aku sama mas Randy. Itu pun ngga cukup sekali teriakan, kita langsung bangun. Harus berkali-kali dulu. Pokoknya ramainya pagi hari dirumahku, nyama-nyamain pasar deh! Hehe….

“apa harus setiap hari mama ngebangunin kalian dengan cara teriak-teriak? Bisa putus pita suara mama.” Protes mama, waktu aku dan mas Randy duduk dimeja makan.

“ntar kalo Randy sama Naomi ngga dirumah lagi, mama pasti bakal kangen sama suasana pagi kayak gini.” Ujar mas Randy.

“iya, ma. Mumpung masih bisa, dinikmati aja.” Ujarku menimpali mas Randy.

“mau dinikmati gimana? Kalo tiap hari mama kudu pasang nada tinggi???”

“mau nyanyiiii…., kali.” Ujarku berbarengan dengan mas Randy yang langsung disusul dengan suara cengengesan kita berdua. Papa yang sedang membaca Koran hanya geleng-geleng melihat pemandangan rutin di pagi hari.

“papa berangkat dulu.”

“ati-ati, pa.” ujarku.

“lho kamu ngga ikut papa, Na?” Tanya mama heran.

“ngga ah, ma. Kepagian!” aku melihat jam tanganku. Masih jam tujuh kurang dua puluh menit.

“mending kepagian dari pada telat.”

“mending pas, dibanding telat atau kepagian, ma. Ntar aku berangkat sama mas Randy aja.”

Mama hanya geleng-geleng kepala mendengar komentarku. Ohya, aku belum ngenalin diri yah? Aku Naomi Pradipta. Biasa dipanggil Naomi. Punya kakak laki-laki namanya Randy Pradana yang usilnyaaaaaa amit-amit, tapi baik banget sama aku, sayang sama aku. Yah, walopun kalo usilnya kumat pengen banget aku musnahkan! Hehe… sekarang aku duduk di kelas XI di SMA Trianda. Salah satu SMA swasta di Purwokerto. Aku bukan tipe cewek yang doyan shopping, dandan dan lain sebagainya. Aku benci banget! Atau bisa dibilang aku rada phobia sama kata-kata itu. Aku tipe anak rumahan, kalo abis pulang sekolah yah balik ke rumah. Paling pergi keluar kalo ada keperluan yang menurutku udah mendesak banget. Tapi, bukan berarti aku anak cupu, culun atau apapun sebutannya. Aku masih normal kok. Masih punya banyak temen. Ikut organisasi disekolah. Tapi yah itu cuma ngga suka jalan-jalan yang ngga ada gunanya.

“udah ngerjain tugas matematika belum, Na?” Tanya Rani, sobatku yang juga fans berat kakakku. Heraaaannnn banget waktu dia bilang ke aku kalo dia suka sama Mas Randy. Apa bagusnya coba? Yah, kalo masalah tampang, boleh lah. Mas Randy lumayan keren, otak lumayan encer. Tapi dia usil, jahil, suka ngambil makananku pula!

“udah.”

“nyontek…” Rani memamerkan senyum -yang kata dia- paling manis.

“Ambil di tas.” Aku mengeluarkan I-Pod dan novel.

“kamu tadi dianter siapa, Na?” Tanya Rani disela-sela menyalin pe-erku.

“sama Mas Randy.”

Rani langsung menghentikan kegiatan menconteknya dan melihat kearahku dengan…. Penuh nafsu??? Hah!

“apa?” tanyaku ngeri plus heran.

“kamu dianter Mas Randy dan ngga bilang sama aku?”

then?”

“aduh, Naomiiiii….kamu tuh yah!” ujar Rani sambil menghentak-hentakkan kaki.

“Ran, eh kenapa kamu??”

“aku kan udah jarang banget ketemu sama Mas Randy dan tadi ada kesempatan buat ketemu tapi kamu ngga kasih tau aku? Kejam banget kamu, Na!” Rani bersungut-sungut.

He? Aku? Kejam? Maksudnya? “udah kerjain dulu tuh peer matematika. Lima menit lagi masuk.” Ujarku santai.

“awas ntar istirahat yah. Pokoknya kamu kudu tanggung jawab!”

He? Maksudnyaaaaa????

Bel tanda istirshat berbunyi. Rani langsung menarikku menuju kantin sekolah. Katanya meminta pertanggung jawaban dan aku hutang penjelasan ke dia. Maksudnya apa coba????

“Naomi.”

“hemmm…”

“Na!”

“apa!”

“Mas Randy!”

“disekolahnya.”

“tau…”

“terus?”

“pengen ketemu.”

“tinggal kerumah. Ntar juga ketemu sama dia.”

“yah, kalo kerumahmu pasti ujung-ujungnya aku diem dikamarmu terus. Ngga bisa liat dia!”

“lha, siapa yang nyuruh kamu dikamarku mulu?”

“aku kan grogi, Na. deg-degan kalo ketemu muka sama dia.”

“ya udah, kamu suruh aja Mas Randy munggungi kamu. Jadi, kamu ngga ngrasa grogi kalo ketemu dia.”

“Naomi! Aku serius….”

“loh, aku juga serius! Siapa yang bilang aku lagi bercanda?”

“ih, kamu ini…”

“apa perlu aku bilang ke Mas Randy kalo kamu suka sama dia trus kamu pengen ngobrol sama dia, deket sama dia, jadi pacar dia, gitu?”

“eh, kamu tau darimana aku pengen jadi pacar Mas Randy?” pipi Rani bersemu merah.

Aku melihat Rani. Aku yakin mataku sekarang melotot. “beneran, Ran?”

“apanya?”

“kamu pengen jadi pacarnya Mas Randy?”

Rani mengangguk malu-malu.

“kok bisa? Padahal tadi aku asal tebak doang.”

“abis Mas Randy-nya ganteng, baik, pinter pula. Komplit kan?”

“komplit! Emang paket makanan!”

“hehe, tapi emang gitu kok, Na. bener deh!”

“yaya, terserah kamu lah. Ntar aku bilang ke Mas Randy.”

“eh, jangan! Aku tengsin tau!”

“alah! Lagaknya… malu-malu tapi mau! Huuuu….”

Rani senyum-senyum ngga jelas. Ih, mengerikan!

“Naomi.”

Aku mendongak. “ya?”

“kamu dipanggil Pak Satrio di kantornya, sekarang.”

“ya.”

“tumben Danu kesini, Na.” Tanya Rani heran setelah Danu pergi.

“dia nyuruh aku ketempat pak Satrio. Aku kesana dulu, Ran.”

“ok!”

Tok..tok…

“maaf, pak. Bapak memanggil saya?”

“iya. Masuk.”

Aku melangkah masuk dan langsung duduk di kursi.

“begini, Na. sekolah kita akan kedatangan murid baru. Dia pindahan dari Jakarta. Dan yang perlu kamu ketahui, dia anak seorang pengusaha besar yang cukup berpengaruh di Indonesia. Saya minta kamu mendampingi dia.”

Dahiku berkerut. Aku paling ngga suka kalo ada orang yang di spesialkan hanya karena jabatan orang tuanya atau nama besar orang tuanya. Penting gitu? Yang sukses kan orang tuanya, bukan anaknya! Sebel!

“tapi kenapa saya, pak? Kenapa ngga Danu atau anak lainnya. Lagipula, biasanya ketua osis yang mendampingi hari pertama murid baru untuk mengenal lingkungan sekolah. Dan ketua osisnya Danu, bukan saya.”

“Danu punya urusan yang lain. Bapak minta kamu bisa mendampingi dia. Bukan hanya hari pertama. Tapi selama dia belum bisa beradaptasi dengan sekolah ini. Dan besok dia datang dan di tempatkan satu kelas dengan kamu.”

Eh? What the….

“bapak kira hanya itu. Kamu bisa masuk ke dalam kelas lagi.”

“permisi pak.”

Aku mendampingi anak baru itu ngga cuma satu hari? Tapi selama dia belom bisa beradaptasi dengan suasana sekolah? Apa coba maksudnya?

Berarti kalo ampe kelas XII dia ngga bisa beradaptasi, aku ngga boleh ninggalin dia, gitu? Suruh dampingin dia terus? Hadoooohhh, Aku yakin murid barunya pasti cewek, trus itu cewek manja abis. Pasti bakal ngebikin repot nie!

Ngga ada dia, hidupku aja udah cukup di repotkan dengan tugas dari guru, tugas osis dan segala macamnya. Emang dia ngga bisa adaptasi sendiri??? Emang dia ngga bisa ngenal lingkungan sekolah ini sendiri??

Aku masuk kedalam kelas dan langsung duduk dengan sedikit menyentak. Rani yang ada disebelahku hanya memandangku heran.

“ada apa, Na?”

“tu pak Satrio, katanya besok ada murid baru trus aku suruh mendampingi dia.”

“ohya? Cewek apa cowok??” Tanya Rani bersemangat.

“cewek, I bet. Masa’ aku kudu mendampingi dia selama dia ngga bisa beradaptasi dengan sekolah kita.”

“palingan satu hari kan, Na? Cuma hari pertama doang.”

“ngga, Ran. Kamu paham ngga sie kalimatku yang tadi? Selama dia belum bisa beradaptasi dengan sekolah kita, aku harus mendampingi dia.” Ujarku penuh penekanan.

Dahi Rani berkerut. “maksudnya?”

“kalo ampe kelas XII dia belom bisa beradaptasi sama sekolah kita, aku masih kudu di samping dia. Jadi guide buat dia. Hadoohh, aku ngga bisa bayangin. Masih inget ngga waktu Danu suruh jadi guide buat Mayang, anak kelas X yang baru itu?”

Rani mengangguk-angguk. “malah jadi kayak kacungnya kan?”

“nah, itu juga maksudku. Aku kudu siap-siap jadi pembantunya sie anak baru ini, gitu?”

“aduh, jangan sampe deh, Na. moga aja anaknya ngga semenyebalkan si Mayang. Semoga aja anaknya baik.”

“semoga aja.”

Tapi aku berharap anak itu ngga pernah dateng!
,,,,,,


Feryani Aldyningtyas

No comments: